Agenda Penelitian

BannerAgenda Penelitian LPPM Universitas Azzahra Jakarta 2012-2015 merupakan dokumen yang disusun untuk memberikan prioritas kegiatan, tonggak capaian dan indikator capaian IPTEK di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta dalam kurun waktu 2012-2015, yang diletakkan dalam suatu proyeksi capaian jangka panjang (yakni sasaran pada tahun 2025).

Keseluruhan proses penyusunan Agenda Penelitian Universitas Azzahra Jakarta 2012-2015 telah mengakomodasi sumbangan pemikiran yang substantif dari segenap perwakilan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan berbagai program studi di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta, pelaku usaha/industri swasta, stakeholder, dll. Dengan demikian, diharapkan bahwa realisasi penerapan penelitian LPPM menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta dan diharapkan realisasi ini akan disertai dengan komitmen bersama untuk membangun kemampuan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta demi menjawab tantangan pembangunan.

Realisasi Penelitian LPPM 2012-2015 memberikan penekanan pada beberapa hal sebagai berikut :

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta.
  2. Membangun kesejahteraan dan peradaban bangsa.
  3. Menjunjung prinsip dasar dan nilai-nilai luhur keislaman, etika akademik dan budaya akademik.
  4. Memacu civitas akademika di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta yang berbasis pengetahuan (Knowledge Based Society)
  5. Prioritas kegiatan dalam Penelitian LPPM 2012-2015 disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional 2009-2014, yakni dalam bidang : ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, teknologi dan manajemen transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan, teknologi kesehatan dan obat-obatan dan disesuaikan dengan kapasitas SDM serta berbagai lembaga keilmuan (Fakultas, Pusat Studi, Laboratorium dll.) yang ada di lingkungan Universitas Azzahra Jakarta.

Berpijak pada pertimbangan di atas, Agenda Penelitian Universitas Azzahra Jakarta (LPPM) 2012-2015 diformulasikan ke dalam tujuh bidang utama sebagai berikut:

  • Bidang penanggulangan Narkoba
  • Bidang energi baru dan terbarukan serta Robotisasi
  • Bidang perubahan iklim dan pelestarian lingkungan
  • Bidang teknologi kesehatan lingkungan
  • Bidang sosial budaya dan integrasi bangsa
  • Bidang keislaman dan pemberdayaan perempuan
  • Bidang Transportasi Jakarta
  • Bidang Penghijauan, Biopori dan Arsitektur Kota Jakarta
  • Bidang Fasilitas Mesjid / Civic Center Umat Islam
  • Bidang Teknologi Prasarana Olahraga.

Keberhasilan pembangunan iptek di beberapa bidang tersebut membutuhkan Ilmu Dasar dan Ilmu Terapan yang perlu dikembangkan untuk memperkuat dasar keilmuan dari ke tujuh bidang diatas, memperkuat dimensi sosial dan kemanusiaan dari ke tujuh bidang, serta mempererat keterkaitan lintas-disiplin ilmu serta lintas-bidang di antara ke tujuh bidang fokus tersebut diatas. Sains dasar memberikan landasan teoretik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi dan budaya ilmiah.

Sebaliknya, berbagai kegiatan pemanfaatan teknologi dan inovasi dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan sains dasar itu sendiri, yang pada gilirannya membuka jalan bagi temuan terapan yang lebih baru. Penguatan dan pengembangan sains dasar, oleh karenanya, berperanan kunci dalam menjamin keberlanjutan dari upaya pemanfaatan teknologi dan peningkatan daya saing industri.

Berdasarkan bidang-bidang utama tersebut Agenda Penelitian Universitas Azzahra Jakarta diatas, maka kegiatan pengembangan program pendidikan di Universitas Azzahra Jakarta perlu diperkuat orientasi ke Industry serta pengembangan sinergi dengan lembaga penelitian dan industry lain sehingga dapat dibentuk dan dikembangkan jejaring Academics-Business-Government (A-B-G).

No comments.

Leave a Reply